Senin, 10 Oktober 2011

NA'AT


BAB I
PENDAHULUAN
Wacana :

إنك لسيدة نساء أهل الجنة
عن عمران بن حصين رضي الله عنه أنه قال كانت لي من رسول الله منزلة وجاه فقال يا عمران إن لك عندنا منزلة وجاها فهل لك في عيادة فاطمة بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم فقلت نعم بأبي أنت وأمي يا رسول الله فقام وقمت معه حتى وقفت بباب منزل فاطمة فقرع الباب وقال السلام عليكم أأدخل فقالت ادخل يا رسول الله قال أنا ومن معي قالت ومن معك يا رسول الله فقال عمران بن حصين فقالت والذي بعثك بالحق نبيا ما علي إلا عباءة فقال اصنعي بها هكذا وهكذا وأشار بيده فقالت هذا جسدي فقد واريته فكيف برأسي فألقى إليها ملاءة كانت عليه خلقة فقال شدي بها على رأسك ثم أذنت له فدخل فقال السلام عليك يابنتاه كيف أصبحت قالت أصبحت والله وجعة وزادني وجعا على ما بي أني لست أقدر على طعام آكله فقد أجهدني الجوع فبكى رسول الله صلى الله عليه وسلم وقال لا تجزعي يا بنتاه فوالله ما ذقت طعاما منذ ثلاثة وإني لأكرم على الله منك ولو سألت ربي لأطعمني ولكني آثرت الآخرة على الدنيا ثم ضرب بيده على منكبها وقال لها أبشري فوالله إنك لسيدة نساء أهل الجنة فقالت فأين آسية امرأة فرعون ومريم ابنة عمران فقال آسية سيدة نساء عالمها ومريم سيدة نساء عالمها وخديجة سيدة نساء عالمها وأنت سيدة نساء عالمك إنكن في بيوت من قصب لا أذى فيها ولا صخب ثم قال لها اقنعي بابن عمك فوالله لقد زوجتك سيدا في الدنيا سيدا في الآخرة }احياء علوم الدين ,ج.4,ص.173{

Artinya:
ENGKAU ADALAH
PEMIMPIN WANITA AHLI SURGA

Dari Imron Bin Husein beliau berkata saya mempunyai kedudukan di sisi rasulullah saw . Nabi berkata wahai Imron sesungguhnya engkau mempunyai kedudukan si sisi kami, apakah engkau mau mengunjungi Fathimah binti rasulullah saw? Ku jawab demi ayah dan ibuku aku mau ya rasulullah.
Rasulullah berdiri dan kami berjalan sehingga tiba di pintu fatimah, rasulullah mengetuk pintu dan mengucapkan
  “Assalamu’alaikum  bolehkah aku masuk?”
  “Masuklah wahai rasulullah” jawab Fatimah
  “Saya dan orang yang bersamaku?”kata rasulullah
  “Siapa yang bersamamu ya rasulullah?” 
‘Imron’ sahut rasulullah.
  “Demi zat yang telah mengutusmu dengan kebenaran ya rasulullah, aku tidak     mempunyai apa-apa kecuali hanya sehelai baju kurung”
  “Gunakanlah baju tersebut seperti ini - seperti ini” (Rasulullah sambil   mengisyaratkan dengan tanganya.)
  “Ini untuk badanku, lalu bagaimana dengan kepalaku” jawab Fatimah.
Kemudian rasulullah melemparkan selendang yang lusuh dan berkata
  ‘Tutupkanlah kepalamu dengannya’
  Kemudian Fatimah mengizinkan rasulullah saw untuk masuk. Dan rasulullah berkata
  “Assalamu’alaikum wahai anakku bagaimana pagimu?”
  “Demi allah ya rasulullah ku mulai pagiku dengan sangat lapar dengan apa-apa yang hanya ada padaku, aku tidak dapat menemukan sesuatu yang dapat untuk ku makan sungguh rasa lapar telah menyusahkanku”
Rasulullah saw menangis dan berkata
  “Jangan bersedih wahai anaku, demi allah aku tidak merasakan rasanya makanan semenjak tiga hari , sesungguhnya aku lebih mulia dari pada dirimu dan jikalau aku minta kepada tuhanku niscaya dia akan memberiku makan , akan tetapi aku lebih mengutamakan kehidupan akhirat dari pada kehidupan dunia”
Rasulullah menepuk pundak fatimah dan melanjutkan perkataanya
  “Berbahagialah demi allah engkau adalah pemimpin wanita ahli surga”
  “Lalu dimana asiyah istri Fir’aun dan Mariyam binti Imron” jawab fatimah.
  “Asiyah adalah pemimpin wanita pada alamnya dan mariyam pemimpin wanita pada alamnya dan engkau adalah pemimpin wanita pada alammu, sesungguhnya mereka memiliki rumah dari bambu, didalamnya, mereka tidak mendapatkan gangguan maupun keributan”
Rasulullah terus melanjutkan perkataanya
  “Bersifat qana’ahlah hidup bersama anak pamanmu( Ali Bin Abi Tholib) demi allah sungguh aku telah mengawinkan engkau dengan seorang pemimpin didunia sekaligus pemimpin di akhirat”  ( di intisarikan dari kitab ihya ‘ulumuddin juz 4 hal.173)

BAB II
PEMBAHASAN

A. Defenisi
     Na’at adalah     lafazh yang mengikuti pada lafazh yang jatuh sebelumnya { yang lazimnya di sebut dengan matbu’ atau man’ut} untuk menyempurnakan man’utnya tersebut dengan menjelaskan satu dari sifat-sifat lafazh yang ada hubungan denganya.
Sebagaimana imam Ibnu Malik berkomentar didalam alfiyahnya
( فالنعت تابع متم ما سبق ... بوسمه أو وسم ما به أعتلق )
Contohnya: نَجَحَ التِّلْمِيْذُ اْلمُجْتَهِدُ
        Murid yang bersungguh-sungguh itu telah sukses
B Macam –Macam Na’at
     1. Na’at haqiqi
    Na’at haqiqi ialah tabi’ yang menyempurnakan matbu’nya dengan menjelaskan sifat daripada matbu’nya.
Contohnya: طَلَعَ الْبَدْرُ اْلمُنِيْرُ        
        Telah terbit bulan purnama yang bersinar
      2 Na’at sababi
    Na’at sababi ialah tabi’ yang menyempurnakan matbu’nya dengan menjelaskan sifat dari sesuatu yang behubungan dengan matbu’nya
Contohnya:       جَاءَ الَّرجُلُ النَّاجِحُ ابْنُهُ 
        Telah datang seorang laki-laki yang anaknya sukses
C. Faidah Na’at
    1 .Untuk mengkhususkan man’ut jika man’utnya berupa isim nakirah.
Contohnya: مَرَرْتُ بِرَجُلٍ نَشِيْطٍ
            Aku telah melewati seorang laki-laki yang giat
2. Untukmenjelaskan manut jika man’utnya berupa isim ma’rifat.
Contohnya: مَرَرْتُ بِزَيْدٍ الْخَيَّاطِ
          Aku telah melewati zaid yang pekerjaanya menjahit
  3. Hanya semata-mata pujian.
Contohnya: بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
           Dengan nama allah yang maha pengasih lagi maha penyayang

 4. Untuk pengertian celaan.
Contohnya: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ
         Aku berlindung dengan nama allah dari syaithon yang terkutuk
   5 .untuk mengharap belas kasihan.
Contohnya: اَللَّهُمَّ ارْحَمْ عَبْدَكَ الْمِسْكِيْنَ
         Ya allah kasihanilah hambamu yang miskin
   6. Untuk taukid { menguatkan }
Contohnya: ِتلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ
        Yang demikian itu sepuluh hari yang sempurna
D Pembagian Na’at.
    1 . Na’at mufrad.
    Na’at mufrad adakalanya berupa isim musytaq.
Contohnya: أُحِبُّ الطَّالِبَ النَّشِيْطَ
            Aku suka pada penuntut ‘ilmu yang semangat/giat
Adakalanya berupa mashdar
Contohnya: جَاءَ رَجُلٌ عَدْلٌ
            Telah datang seorang laki-laki yang adil
atau berupa isim jamid yang ditakwil dengan musytak.
 Contohnya:
a. Isim isyaroh :    مَرَرْتُ بِالرَّجُلِ هَذَا  
  Akutelah melewati lelaki ini   
b. Isim mausul disertai ال:   جَاءَ الْمُدِيْرُ الَّذِيْ تَقَاعَدَ 
                Telah datang kepala sekolah yang
c. Isim yang dinisbahkan:   شَاهَدْتُ رَجُلاً دِمِشْقِيًّا
                Aku telah melihat seorang laki-laki Damaskus
ذو.d/ ذات yang berma’na yang  صاحب punya:   صَافَحَ رَجُلٌ ذُوْعِلْمٍ امْرَأَةً ذَاتَ فَضْلٍ
Seorang lelaki yang berilmu saling bermushofahah dengan seorang  wanita yang memiliki keutamaan
Yang dimaksud dengan musytak yaitu isim fa’il, maf’ul, shifat musyabahah dan isim tafdhil. Seperti :  الضَّارِبُ , الْمَفْتُوْحُ , حَسَنٌ , اَعْلَمُ/الفاعل, المفعول , فَعَلٌ,اَفْعَلُ
 

  2 . Na’at jumlah.
Na’at jumlah adalah na’at yang berupa jumlah dengan syarat.
    a . Hendaknya ada man’ut berupa isim nakiroh secara lafaz dan ma’na
 Contohnya:  رَأَيْتُ وَلَدًا يَبْكِي
    Aku melihat seorang anak lelaki yang sedang menangis
 atau hanya ma’na bukan lafazh.
Contohnya: وَلَقَدْ أَمُرُّ عَلَى اللَّئِيْمِ يَسُبُّنِيْ
    Sungguh aku akan melewati seorang bejat yang akan mencelaku
    b. Jumlahnya harus berupa jumlah khabariyah .
    c. Tidak disertai/ diiringi  huruf waw, untuk membedakan dengan jumlah haliah.
    d. Didalam jumlah itu mengandung dhomir yang menghubungkan dengan   maushufnya baik secara lafazh
Contohnya: وَاتَّقُوا يَوْمًا تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى اللَّهِ
       Takutlah kalian pada suatu hari yang mana kalian akan dikembalikan kepada allah
atau dikira-kirakan.
Contohnya: وَاتَّقُوا يَوْمًا لَا تَجْزِي نَفْسٌ عَنْ نَفْسٍ شَيْئًا
    Takutlah kalian pada hari yang tidak bisa membalas seorang pada yang lainya
    3. Na’at syibhul jumlah.
 Na’at syibhul jumlah ialah yang berupa sibhul jumlah dengan syarat hendaknya kalam telah sempurna.
Contohnya: شَاهَدْتُ تِلْمِيْذًا أَمَامَ الْجَامِعَةِ
Aku melihat seorang mahasiswa didepan kampus
E. Hukum na’at
Jika na’at hakiki maka harus mengikuti man’utnya pada I’rabnya, mufrad, mutsanna, jamanya, muzakkar, muannasnya serta nakiroh ma’rifatnya.
Contohnya: جَاءَ الَّرجُلاَنِ الْعَاقِلاَنِ
    Telah datang dua orang laki-laki yang berakal
Jika na’at sababi maka harus mengikuti man’utnya pada I’rabnya serta ma’rifat dan nakirohnya saja.
Contohnya: جَاءَ الرَّجُلاَنِ الْكَرِيْمُ اَبُوْهُمَا وَالْكَرِيْمَةُ أُمُّهُمَا
Telah datang dua orang laki-laki yang mulia kedua ayahnya dan ibunya



DAFTAR PUSTAKA

Bahauddin Abdullah Bin Abdurrahman bin Aqili. "Syarah ibnu Aqil" 2004 Darul kutub ilmiyah Bairut Libanon
Syamsuddin Muhammad Arrai'ni "Mutammimah Jurumiyah" Alhidayah Surabaya
Much Anwar, Abu Bakar Lc"Terjemah Mutammimah" 2006 Sinar baru Algesindo 
Dr. Amil Badi’ ya’qub “ Mausu’ah nahu was shorof wal i’rob” 1998, Darul ‘ilim lilmalayin

1 komentar: